Pemkot Diminta Segera Definitifkan Jabatan Sekda

Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal  diimbau untuk tidak terlalu lama membiarkan posisi Sekretaris Daerah (Sekda) dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). Kekosongan jabatan Sekda itu hendaknya segera diisi oleh pejabat Sekda definitif. Demikian ditegaskan anggota Komisi I DPRD Kota Tegal, Sutari SH, Rabu (25/6).

Menurut Sutari, tidak ada kesulitan bagi PemkotTtegal untuk menentukan figur yang pantas menduduki posisi Sekda. Pasalnya, Pemkot Tegal pernah mengirimkan 5 orang PNS untuk dilakukan tes calon Sekda ke tingkat provinsi. Kelima orang PNS itu diantaranya, Dyah Triastuti, Dyah Kemala Sinta, Supriyanta, Yuswo Waluyo dan Imam Badarudin.

“Hendaknya Pemkot segera mendefinitifkan jabatan Sekda agar kinerja Pemerintah tidak timpang,” kata Sutari.

Sementara wakil Ketua Komisi  I DPRD Kota Tegal, H Harun Abdimanaf SH mengisyaratkan kepada Pemkot Tegal, jika diantara para calon Sekda itu masih dikatakan belum cukup memenuhi syarat, maka untuk posisi Sekda dapat ditentukan dengan cara lelang.

“Pemkot bisa menentukan pejabat Sekda dengan cara lelang jika menurut Pemkot para calon Sekda yang sudah pernah menempuh tes calon Sekda itu belum cukup dikatakan memenuhi syarat,” kata Harun.

 Harun mengatakan, Pemkot Tegal dapat membentuk Panitia Seleksi untuk mengakomodir seluruh pelamar calon Sekda. Dalam proses itu tentunya Pemkot Tegal  memiliki kewenangan barometer untuk menentukan calon Sekda yang dinilai memenuhi persyaratan.

“Setidaknya, calon Sekda yang nanti duduk mendampingi Walikota adalah yang lebih baik dari Sekda yang pernah dimiliki oleh Pemkot Tegal, atau minimal sama dengan Sekda sebelumnya,” tegas Harun. (Riyanto jayeng)