Jumlah Kursi di DPRD Diprediksi Bertambah

Seiring dengan adanya penambahan jumlah penduduk di Kota Tegal, jumlah kursi di DPRD (legislatif) diprediksi akan bertambah lebih dari 30 kursi. Hal itu, terungkap dalam rapat kerja penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Tegal pada Pemilu 2019 di Pesonna Hotel, Rabu (6/12).



Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Agus Wijanarko, dalam rapat kerja tersebut pihaknya mengundang jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, Panwaslu, tokoh agama, dan perwakilan partai politik (parpol). Tujuannya, untuk berkoordinasi dan memberikan edukasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat terkait teknis dan mekanisme penentuan dapil serta sebaran kursi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019. "Untuk jumlah kursi DPRD Jateng akan bertambah, sehingga kemungkinan tingkat kota juga bertambah," katanya.

Dia mengemukakan, pemetaan dapil dan sebaran kursi dilakukan juga merupakan penjabaran amanat Undang-Undang (UU) Nomor 7/2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 7/2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu. "Impelentasi pemetaan dapil dan sebaran kursi pileg juga akan mengalami pergeseran di Kota Tegal pada Pileg 2019 mendatang," ungkapnya.

Sementara itu, anggota KPU, Thomas Budiono menambahkan, dari 15 parpol yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 diprediksi wilayah Kota Tegal akan mengalami pergeseran perolehan kursi. Khususnya, di wilayah Margadana dan Tegal Barat berpotensi terjadi karena adanya perkembangan jumlah penduduk. "Format penetapan dapil dan jumlah kursi, merupakan usulan KPU daerah. Kemudian, KPU RI yang mengeluarkan SK-nya," katanya.(WN)