250 Personil Polisi Amankan Jalannya Persidangan Penembakan

Sedikitnya 250 personil dari jajaran Polres Tegal Kota, Jawa Tengah mengamankan jalannya persidangan kasus penembakan dengan terdakwa oknum polisi yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tegal, Selasa 5 November 2017.

 

Sidang dengan Majelis hakim yang diketuai oleh Elsa Lina Besar Purba SH MH, anggota Frans Efendi Manurung SH MH, Haklanul Dunggio SH, dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rizky Fanny SH, panitera Sri Yuditiani SH berlangsung hanya 25 menit dengan agenda pembacaan dakwaan.

JPU Rizky Ganny SH dalam pembacaan dakwaannya menjerat terdakwa dengan pasal 338 primer 334 subsider 351 ancaman 15 tahun penjara.

Pihak Keluarga korban melalui Penasehat Hukum (PH) Himawan usai sidang menyampaikan, sidang pertama baru pembacaan surat dakwaan dari JPU. "Mudah-mudahan JPU maupun Majelis Hakim bertindak obyektif dengan mengedepankan supremasi hukum tanpa intervensi dari siapapun juga." 

Himawan menambahkan, lebih dari itu keluarga korban berharap agar JPU dan Majelis Hakim juga mendengarkan suara korban yang intinya minta keadilan atas meninggalnya korban dengan cara yg memilukan. 

"Sudah tidak tahu apa salahnya, tahu-tahu ditembak dalam jarak dekat, setelah itu korban jatuh terdakwa malah menendang korban, oleh karena itu, keluarga korban akan melakukan pengawalan perkara ini sampai selesai," pungkas Himawan.

Sementara puluhan pengunjung yang ingin menyaksikan jalannya persidangan tidak bisa masuk ke ruang sidang utama PN Tegal, karena kapasitas ruang sidang hanya 50 orang.

Untuk sidang berikutnya, pihak PN akan memberikan fasilitas pengeras suara dan tenda untuk pengunjung yang tidak bisa masuk menyaksikan jalannya persidangan.-(NM)