Diterjang Ombak Besar, Warung Di Tepi Pantai Pulau Kodok Rusak Parah

Ombak besar yang akhir-akhir ini sering terjadi di pesisir Pantura menyebabkan sejumlah warung yang berada di tepi Pantai Pulau Kodok, Kota Tegal rusak parah. Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun akibat peristiwa tersebut menyebabkan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.


Anggota DPRD dari Fraksi PKS, Rachmat Raharjo, kemarin mengatakan, ombak yang terjadi sepekan terakhir cukup tinggi dibanding hari biasa, sehingga mengakibatkan kerusakan warung-warung di tepi pantai. Dengan kondisi tersebut perlu mengatur tata letak warung dan konstruksi warung menjadi hal penting untuk diperhatikan guna mengurangi resiko kerusakan yang berdampak kerugian. "Peran dari Pemkot Tegal sangat ditunggu untuk turun memfasilitasi bagaimana mengatur tata letak dan dicarikan tenaga ahli di bidang rancang bangun tempat wisata dalam konsep desa wisata," katanya.

Dia mengemukakan, dari hasil dialog dengan narasumber konsultan desa wisata yang difasilitasi oleh UNTAG Semarang beberapa waktu lalu, ternyata perlu ditindaklanjuti guna penanganan masalah tersebut. Sementara itu, dalam upaya penanganan sementara warga bersama TNI, Sabtu (2/12) melakukan kerja bakti membersihkan pantai dan membantu evakuasi warung yang rusak di Pantai Pulau Kodok. Hal itu dilakukan karena saat ini pantai tersebut semakin diminati masyarakat untuk berwisata. "Pemkot Tegal juga perlu melakukan langkah-langkah konkret untuk mempromosikan Pantai Pulau Kodok, sehingga bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Tegal," katanya. (WN)