PPP Ajukan Harnotosi Sebagai Pengganti Supriyanto

Kamis 23 November 2017

DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Tegal telah mengirimkan surat resmi ke DPRD terkait nama calon pengganti Suprianto yang sebelumnya telah resmi diberhentikan dari anggota DPRD. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPC PPP, Edi Friono, kemarin.

Menurut Edo Friono, surat tentang pengajuan proses pergantian antar waktu (PAW) telah dikirim beberapa waktu lalu. Pihaknya, mengusulkan nama pengganti yaitu Harnotosi yang sebelumnya dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) maju dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Tegal Selatan. "Kami berharap proses PAW segera ditindaklanjuti dan dilakukan penetapan," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD, Edy Suripno mengatakan, tentang surat keputusan resmi dari Gubernur Jateng terkait pemberhentian Suprianto sudah diterima DPRD. Selain itu, pihaknya juga telah menerima surat usulan nama pengganti dari DPC PPP Kota Tegal. Sesuai ketentuan dan mekanisme yang berlaku, DPRD akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dilakukan verifikasi terhadap nama calon pengganti yang diusulkan.

Setelah itu, KPU menyampaikan ke DPRD dan ditindaklanjuti ke Gubernur Jateng. "Apabila dari Gubernur Jateng telah menyetujui dan surat diterima, maka DPRD akan menggelar rapat paripurna untuk pelantikan nama calon pengganti yang diusulkan dari partai," katanya.

Terkait hal itu, sebelumnya anggota DPRD Kota Tegal dari PPP, Suprianto secara resmi diberhentikan dari anggota DPRD. Hal itu menyusul adanya surat keputusan resmi dari Gubernur Jateng Nomor 176/77 Tahun 2017 tentang Pemberhentian Antar Waktu Anggota DPRD Kota Tegal tertanggal 10 November 2017.

Menurut Sekretaris DPRD, Totok Subagyo, surat tersebut telah diterima dan selanjutnya akan disampaikan ke pimpinan DPRD. Dengan adanya surat keputusan dari Gubernur Jateng, maka Suprianto tidak lagi berstatus sebagai anggota DPRD dan tidak lagi menerima hak-haknya sebagai anggota DPRD. (RJ)