Cawalkot Perseorangan Minimal Didukung 20.012 Pemilih

Selasa 7 November 2017

Untuk Calon Walikota yang berangkat dari jalur perseorangan harus mendapat dukungan dari masyarakat dengan membuktikan surat pernyataan dukungan dan KTP minimal 20.012 orang atau 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Presdien di tahun sebelumnya, yaitu di tahun 2014 yaitu sebesar 200.114 jiwa.

Demikian Thomas Budiyono yang didampingi Widya Hastantri dari KPU Kota Tegal dalam acara sosialisasi syarat dukungan untuk calon Walikota dari jalur perseorangan yang dihadiri oleh timses dari bakal calon Walikota jalur perseorangan yaitu pasangan Ghautsun dan dr Muslih, bertempat di aula Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, pada Selasa (7/11).

Thomas Budiono menjelaskan, untuk calon perseorangan menyerahkan daftar nama-nama orang yang mendukung dengan disertai bukti dukungan berupa surat dukungan yang dilampiri copy e-KTP dan menyerahkan daftar dukungan dalam bentuk hard dan soft copy.

Untuk pedoman perseorangan KPU menggunakan Sistim Informasi Pencalonan (silon), calon perseorangan wajib mengupload mana-mana pendukung sesuai format yang sudah ditentukan. Format aplikasi exel berisi Nomor, nama, NIK, jenis kelamin,alamat, RT/RW, tempat dan tanggal lahir serta status perkawinan.

Jumlah minimal untuk dukungan yang harus masuk adalah 10 persen dari jumlah DPT Pilpres 2014 sebesar 200.114 orang maka yang dibutuhkan berjumlah sekitar 20.012 orang. KPU akan memberikan akan memberikan user name dan password kepada operator tim sukses calon perseorangan agar bisa membuka program silon. Sedangkan 25 hingga 29 November 2017 calon perseorangan menyerahkan hard dan soft copy daftar pendukung. (RJ)