Satpol PP Akan Tertibkan Bangunan Liar di Atas Saluran Air

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal berencana  melakukan langkah penertiban terhadap sejumlah bangunan liar yang didirikan di atas saluran air irigasi. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka menciptakan ketertiban dan kebersihan lingkunga. Hal itu disampaikan Kepala Satpol PP, Joko Syukur, kemarin.



“Dalam penertiban kami mengutamakan dengan cara persuasif untuk kebaikan bersama. Karena itu, sebelum penertiban dilakukan akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya. 

Menurut dia, sesuai rencana penertiban tahap awal dilakukan di sejumlah bangunan semi permanen yang dibangun diatas saluran irigasi di sekitar Kampus Universitas Pancasakti (UPS) Tegal. Sebab, keberadaan bangunan tersebut dinilai tidak sesuai ketentuan dan rawan menimbulkan banjir karena saluran air tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Rencana tersebut mendapat dukungan dari anggota DPRD, Rachmat Raharjo. Dia mengemukakan, meski pihaknya mendukung terhadap upaya penertiban, namun berharap ada solusi bagi mereka yang bangunannya terkena penertiban. Hal itu dimaksudkan agar tidak menimbulkan persoalan baru dan situasi tetap berjalan kondusif. "Sosialisasi harus gencar dilakukan terlebih dulu, sehingga masyarakat mengetahui dan memahami tentang penertiban yang dilakukan petugas," katanya.

Dia mengemukakan, untuk penanganan banjir yang biasa terjadi saat musim penghujan dan musim rob, perlu adanya normalisasi saluran. Selain itu, pengerukan di muara Kali Anyar secara rutin. Sebab, selama ini genangan air  tidak bisa mengalir lancar ke laut karena muara sungai dangkal. (WN)