Tim Pansel JPTP Targetkan Kandidat Profesional

Tim Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama (JPTP) menargetkan dalam proses lelang jabatan yang kini dilaksanakan Pemkot Tegal dapat diperoleh para kandidat yang profesional. Oleh karena itu, mereka yang berminta untuk mendaftar harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.



Menurut Sekretaris Pansel JPTP, yang juga menjabat sebagai Plt Sekretaris Daerah (Sekda), Yuswo Waluyo, kemarin mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk menjaring kandidat pejabat yang bisa bekerja profesional. Bahkan, dengan kompetensi dan ketrampilan yang cukup kandidat peserta diharuskan lolos dari rangkaian seleksi untuk disaring menjadi tiga calon terbaik. "Setelah itu, Pansel bakal menetapkan hasilnya dan memilih tiga nama calon di masing-masing instansi untuk diusulkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Walikota Tegal," tegasnya.

Dia menyampaikan, berdasarkan Keputusan Wali Kota Tegal 800/069.K/2017 Tim Pansel bertugas melakukan seleksi hingga assesment. Hal itu mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pengisian Jabatan Tinggi Pratama yang harus melalui tahapan yang ditetapkan Pansel dengan target jujur dan bersih. "kandidat yang dicari selain profesional harus bekerja secara terbuka dan transparan," paparnya.

Sementara itu, Ketua Pansel JPTP, Dr. Maufur menambahkan, dalam menyeleksi para kandidat dilakukan secara terbuka. Sebab, peluang untuk menduduki jabatan tersebut harus diisi personel yang memiliki dedikasi tinggi dan mampu bertanggung jawab penuh serta memiliki kapasitas terukur dalam menentukan langkah kebijakan. "Selama bisa bekerja profesional, kompeten, dan netral semua peserta berpeluang menjadi kandidat," tandasnya. (WN)