Diterjang Angin Kencang, Warung Rusak Parah Tertimpa Pohon

Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Tegal, Selasa (7/11) sore, mengakibatkan warung milik Wodo warga Kelurahan Krandon, Kecamatan Margadana rusak parah karena tertimpa pohon tumbang. Meski tak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.



Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal, Andri Yudi Setiawan mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat hujan lebat disertai angin kencang berlangsung dan menumbangkan pohon albasia. Pohon tersebut kemudian menimpa warung hingga rusak parah. "Saat kejadian di dalam warung ada 5 orang berteduh, namun mereka berhasil selamat," katanya.

Terkait kejadian tersebut, pihaknya mengimbau warga untuk mewaspadai perubahan cuaca memasuki masa pancaroba. Sebab, pancaroba sering ditandai petir dan angin kencang yang dapat menumbangkan pepohonan atau merusak bangunan dan rumah warga. Untuk mengantisipasi pihaknya akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum.

Hal itu dimaksudkan untuk melakukan tindakan sesuai dengan ketugasan masing-masing OPD apabila terjadi bencana atau peristiwa. Selain itu, BPBD juga telah menyiapkan sarana, prasarana serta personil (SDM) dalam rangka mengantisipasi musim pancaroba. "Kami mengimbau kepada masyarakat dalam menghadapi musim pancaroba agar memperhatikan keadaan di sekitarnya. Apabila ada pepohonan atau baliho yang mengkhawatirkan, segera melapor agar bisa segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait," ujarnya. (WN)