Disdukcapil Gelar Perekaman E-KTP di Sekolah

Untuk mempermudah perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bagi para pemula, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal melaksanakan perekaman di sekolah-sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan secara bertahap dan disambut baik oleh pihak sekolah maupun para siswa. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Budi Saptaji, kemarin.



Menurut dia, perekaman data E-KTP dilakukan bagi para siswa yang telah memenuhi persyaratan agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada tahun 2018 mendatang. Selain itu, kegiatan jemput bola juga dilakukan untuk mengejar target perekaman hingga akhir tahun 2017. "Upaya ini kami lakukan selain untuk menghadapi Pilkada 2018, juga sebagai tindaklanjut Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar bisa menyelesaikan target perekaman sampai akhir 2017," tegasnya.

Budi mengemukakan, sesuai target dalam pelaksanaan perekaman data E-KTP berstatus pemula sebanyak 16.307 siswa. Mereka tersebar di 9 sejumlah SMA/SMK di Kota Tegal dan diawali di SMA N 1. "Jika ada pelajar yang masuk usia 17 tahun pada akhir Oktober, maka akan langsung dicetakkan E-KTP dan bagi pelajar yang sebelumnya sudah pernah melakukan perekaman dan mengantongi surat keterangan setelah dua kali perpanjangan," katanya. (WN)