KONI Kota Tegal Targetkan Masuk 5 Besar Pada Ajang Porprov Jateng

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tegal kini mulai mengevaluasi cabang olahraga (cabor) dan mempersiapkan para atlet yang akan diutus menghadapi Porprov Jateng yang akan digelar pada tahun 2018 mendatang. Dalam event akbar tersebut KONI Kota Tegal menargetkan bisa masuk lima besar.



"Para atlet yang diutus dari cabor yang diikuti di Porprov Jateng adalah mereka yang berkualitas, memiliki mental juara serta mampu bertarung di lapangan untuk mengukir prestasi terbaik serta mengharumkan nama baik daerah," tegas Kepala Bidang Organisasi KONI Kota Tegal, Sutari, kemarin.

Menurut dia, target lima besar dalam Porprov Jateng dinilai cukup realistis karena mempertimbangkan kondisi riil terhadap dunia olah raga di Kota Tegal. Oleh karena itu, dukungan serta perhatian serius dari Pemkot Tegal sangat dibutuhkan agar bisa merealisasikan target tersebut. "Meski bidang olah raga bukan pelayanan dasar, namun termasuk urusan wajib yang harus mendapatkan perhatian serius dari Pemkot. Karena itu, apabila suatu daerah memiliki kemampuann keuangan yang memadai maka dukungan terhadap bidang olah raga harus dilakukan maksimal," katanya. 

Sutari mengatakan, untuk alokasi anggaran KONI pada APBD murni tahun 2017diajukan sekitar Rp 7,5 miliar. Namun, dalam pembahasan ubahan APBD berkurang menjadi Rp 2,85 miliar. Dengan kondisi tersebut, anggaran akan difokuskan pada persiapan menghadapi Porprov Jateng. Yakni, untuk persiapan, pelatihan dan pembinaan para atlet, termasuk kelengkapan sarana prasarana penunjang kegiatan. Cabang olah raga yang akan menjadi unggulan dan diharapkan bisa mendulang perolehan emas, seperti tenis, tinju dan panjat tebing.(WN)