16.307 Pelajar Jadi Target Perekaman KTP-el

Sebanyak 16.307 pelajar yang tersebar di sejumlah SMA/SMK di Kota Tegal menjadi target Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam pelaksanaan perekaman data KTP-el berstatus pemula. Untuk mempercepat pelaksanaan petugas Disdukcapil akan melakukan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah bagi pelajar yang memasuki usia 17 tahun pada 2018 mendatang.



Menurut Plt Kepala Disdukcapil, Diah Triastuti, kemarin, pelayanan jemput bola perekaman data KTP-el akan dimulai Senin (30/10). Sasarannya, 9 sekolah meliputi SMA, SMK, dan MA Negeri di Kota Tegal dan diawali di SMA N 1. "Jika ada pelajar yang masuk usia 17 tahun pada akhir Oktober, maka akan langsung dicetakkan KTP-el," jelasnya.

Dia mengemukakan, prioritas pencetakan tersebut, juga diterapkan bagi pelajar yang sebelumnya sudah pernah melakukan perekaman dan mengantongi surat keterangan setelah dua kali perpanjangan. Tujuannya, agar capaian target perekaman data warga wajib KTP-el khususnya bagi pemula bisa terealisasi sesuai instruksi dari surat Kemendagri no.471.13/5386/SJ. Isinya, tentang Percepatan penyelesaian perekaman KTP elektronik dan cakupan kepemilikan akta kelahiran di semua daerah kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Budi Saptaji menambahkan, melalui perekaman data jemput bola tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah. Tujuannya, agar semua pelajar khususnya kelas XI dan XII bisa langsung dilakukan perekaman data sebagai target pencetakan KTP-el bagi pemula. "Untuk total target perekaman, 16.307 jiwa juga terbagi menjadi dua yakni penduduk pindah datang yang baru bisa terkonsolidasi perekaman jika sudah mencetak KTP-el," katanya.(WN)