Pembangunan Lab Bisa Dilanjutkan, Asalkan Tidak Melanggar

Rabu 11 Oktober 2017

Terkait polemik rencana pembangunan laboratorium SMN 4 Kota tegal, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, menggelar rapat koordinasi memanggil pihak Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Tegal dan beberapa Organisasi Pernagkat Daerah (OPD).

Plt Walikota Tegal, Nursholeh menyampaikan, bahwa pembangunan laboratorium SMAN 4 silahkan berjalan selama tidak menyalahi aturan yang ada. Pihaknya tidak akan menghambat pembangunan laboratorium dimanan saat ini kewenangan terhadap SMA dan SMK sudah bukan kewenangan Pemerintah Kota Tegal lagi.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bahwa, lapangan sekitar SMAN 4 Kota tegal tesrebut masih tercatat sebagai asset milik Pemkot Tegal. Yang terpenting semua pihak bisa terakomodir, SMAN 4 bisa membangun laboratorium sementara lingkungan sekitar bisa memnafaatkan lapangan tersebut sebagai fasilitas umum atau masyarakat.

Kepala Sekolah Rosa Herawati menyampaikan, bahwa pihaknya tengah bersiap melakukan pembangunan laboratorium di lapangan dekat SMAN 4 Kota Tegal, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Provinsi Jawa Tengah. Rosa mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar dan warga tidak keberatan, bahkan menurutnya warga juga akan membangun balai RW.

Sementara disisi lain, disinyalir masih ada warga sekitar yang menolak pembangunan tersebut karena jaraknya jauh dari lokasi gedung SMAN 4 hingga akan mengurangi lahan untuk sekolah lain yang masih membutuhkan, termasuk tidak lancarnya buangan air karena terhalang bangunan.

Asisten Pemkot Tegal, Imam Badarudin menyampaikan, untuk mencari solusi persoalan tersebut pihaknya bersama instansi terkait akan melakukan peninjauan langsung lokasi pembangunan laboratorium SMAN 4 Kota Tegal, dengan harapan pihaknya mendapat data yang akurat. (RJ)