18 SMP Negeri Disarankan Memiliki Lab Komputer

Kamis 5 Oktober 2017

Untuk persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018, sebaiknya 18 SMP Negeri yang ada di Kota Tegal sudah memprsiapkan diri memiliki laboratorium computer. Hal itu ditegaskan oleh Ketua Komisi 1 DPRD Kota Tegal Herry Budiman. Menurut Herry, sebagian besar hingga saat ini belum memiliki laboratorium komputer. Oleh karena itu, untuk menunjang pelaksanaan UNBK perlu adanya kelengkapan sarana dan prasarana.

 

"Dalam pembahasan, Komisi I DPRD, dinas dan sekolah setuju untuk diusulkan dalam anggaran ubahan," katanya.

Herry mengemukakan, dengan adanya laboratorium komputer diharapkan pelaksanaan UNBK bisa berjalan lancar. Sesuai rencana diusulkan masing-masing SMP Negeri mendapatkan bantuan komputer sekitar 32 unit. Sementara itu, bagi SMP Negeri 1, 2 dan 7 yang sebelumnya sudah melakukan UNBK secara mandiri dan melakukan pengadaan komputer dengan biaya sekolah akan dilakukan verifikasi terhadap laboratorium komputer.

Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui kondisinya. "Apabila ada yang sudah tidak layak atau rusak diusulkan diganti baru, sehingga pelaksanaan UNBK berjalan lancar," ujarnya.

Hery Budiman mengemukakan, meski dalam rangka pengadaan komputer membutuhkan anggaran cukup besar, namun hal itu dinilai masih terlalu kecil apabila dibandingkan dengan ketentuaan terhadap Undang - Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Sebab, dalam aturan tersebut disampaikan untuk alokasi bidang pendidikan mencapai 20 persen dari APBD.

"Kami berharap kedepan Pemkot Tegal bisa memenuhi anggaran pendidikan sesuai amanat undang-undang, sehingga mutu dan kualitas pendidikan bisa terus semakin meningkat," tandasnya.(RJ)