Harga Eceran Beras Terbagi Atas Harga Premium dan Medium

Senin 2 Oktober 2017

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM dan Perdagangan) Kota Tegal, Khaerul Huda, menegaskan berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 57 Tahun 2017, Harga Eceran Tertinggi (HET) beras yang telah ditetapkan ada dua katagori yaitu HET Premium dan Medium.

“Sesuai Permendag, HET beras untuk jenis premium ditetapkan Rp 12.800 dan medium Rp 9.450,” katanya.

Khaerul menjelaskan, beras medium adalah jenis beras yang memiliki spesifikasi derajat sosoh minimal 95 persen dengan kadar air maksimal 14 persen dan butir patah maksimal 25 persen. Sedang beras Premium adalah jenis beras yang memiliki spesifikasi derajat sosoh minimal 95 persen. Kemudian, kadar air maksimal 14 persen dan butir patah maksimal 25 persen.

Sementara itu, Kepala Seksi Perdagangan, Suliyanta menambahkan, HET beras ditetapkan sesuai dengan wilayah penjualan, sehingga tidak sama misalnya antara Jawa dan Sumatera. Tujuannya, untuk menstabilkan harga dan menyamakan harga di daerah maupun di perkotaan. Selain itu, menjamin harga beras di petani selalu terjaga.

Menurut Suliyanta, apabila pelaku usaha atau pedagang melanggar peraturan tersebut, dapat dikenakan sanksi administrasi. Yakni, berupa pencabutan izin usaha oleh pejabat penerbit izin. Sebelum sanksi tersebut diberlakukan, sanksi yang diberikan berupa peringatan tertulis paling banyak dua kali kepada pelaku usaha atau pedagang yang melanggar. (RJ)