Enam Fraksi DPRD Setujui Penetapan Raperda Perubahan APBD Tahun 2017

Enam fraksi di DPRD Kota Tegal akhirnya menyetujui terhadap Raperda Perubahan APBD tahun 2017 menjadi Perda. Yakni, Fraksi PDI P, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat Bersatu, Fraksi Pantura, Fraksi PKB dan Fraksi PKS. Hal itu terungkap dalam rapat paripurna DPRD, Senin (24/10).   


Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD, Anshori Faqih dan dihadir Plt Wali Kota, Nursholeh, anggota DPRD, Plt Sekretaris Daerah, Yuswo Waluyo, jajaran Forkompinda, Kepala OPD, Camat dan Lurah.

Dalam kesempatan itu, Anshori menyampaikan, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017 sebesar Rp1,06 triliun. Selanjutnya, akan dikirim ke Pemprov Jateng untuk mendapatkan evaluasi dari Gubernur, Ganjar Pranowo.

Plt Wali Kota, Nursholeh dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada fraksi-fraksi DPRD Kota Tegal yang telah menyampaikan pemikiran, saran dan pendapat yang bersifat membangun, serta memberikan dorongan untuk keberhasilan bersama. “Catatan-catatan penting yang perlu dicermati dan ditindaklanjuti dalam bentuk perumusan kebijakan hendaknya menjadi perhatian bersama untuk implementasi pada tahun-tahun mendatang,” ungkapnya.

Dia mengatakan sesuai dengan prosedur dan mekanisme setelah mendapat persetujuan DPRD masih ada tahapan yang harus dilakukan. Raperda itu akan dibawa ke Pemprov Jateng untuk mendapatkan evaluasi dari Gubernur, Ganjar Pranowo. “Evaluasi tersebut dimaksudkan guna tercapainya keserasian kebijakan daerah dengan kebijakan nasional, keselarasan antara kepentingan publik dengan aparatur. Selain itu, juga untuk mengetahui jika APBD tidak bertentangan dengan kepentingan umum serta peraturan yang lebih tinggi dan peraturan daerah lainnya," paparnya.(WN)