Diusulkan Setiap OPD Kantor Ada Ruang Baca Buku

Dalam rangka mewujudkan Kota Tegal menjadi Kota Literasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu menyediakan ruang untuk membaca. Hal itu disampaikan Plt Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda),  Herviyanto saat mengikuti kegiatan monitoring wajah kota di Kelurahan Randugunting, Jumat (20/10).


"Budaya membaca harus digalakan untuk menjadikan Kota Tegal sebagai Kota literasi. Karena itu, kami berharap ada ruangan yang disediakan untuk mendukung budaya membaca," katanya.

Menurut dia, selain itu untuk meningkatkan budaya membaca, pihaknya terus berupaya meningkatkan penyelenggaraan pelayanan. Antara lain, dengan mengadakan perpustakaan keliling, Smart Sunday, dan perpus keliling yang menjangkau hingga ke kampung-kampung untuk meminjamkan buku secara berkala.

Menanggapi usulan tersebut Plt Wali Kota Tegal, Nursholeh menegaskan, pihaknya segera memerintahkan kepada OPD untuk menyediakan tempat perpustakaan. Dengan demikian, tamu yang menunggu pelayanan bisa membaca buku yang disediakan. "Jika sudah ada ruang membaca, maka sambil menunggu pelayanan bisa membuka buku," katanya. (WN)