Proyek Pembangunan Pagar Makam Mbah Talan Mengecewakan

Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Tegal, Untung Purwadi mengaku kecewa terhadap proyek pembangunan pagar keliling makam Mbah Talan di RW 3 Kelurahan Cabawan, Kecamatan Margadana. Sebab, proyek yang menghabiskan anggaran mencapai sekitar Rp 190 juta dari APBD Kota Tegal Tahun 2015 itu kini rusak parah. Hal itu diduga karena kualitas bangunan jelek.


"Saya sangat kecewa. Kondisi bangunan rusak semakin parah. Bahkan, dari informasi warga kerusakan terjadi sejak selesai sebulan dikerjakan," ujarnya.

Dia mengungkapkan,  bangunan tembok pagar yang kondirinya sudah roboh sepanjang sekitar 17 meter di sisi sebelah timur. Selain itu, ada sekitar 15 meter pagar yang kondisinya miring dan terpaksa disangga menggunakan balok kayu. "Dari hasil cek lapangan, kondisi penulangan pagar ditemukan jarak kolom juga terlalu lebar. Kemudian, cor untuk pondasi dan adukan semen pasir juga diduga tidak sesuai spesifikasi yang ditetapkan," katanya. 

Untung menegaskan, terkait kerusakan tersebut mendesak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk segera mengecek ke lapangan bersama instansi terkait. Hal itu perlu dilakukan untuk mencocokan terhadap perencanaan dan biaya serta kondiri riil di lapangan.

Sementara, salah seorang warga, Nasori (43) mengatakan, proyek tersebut mulai dikerjakan pada September tahun 2015 lalu. Namun,  sekitar sebulan selesai,  tembok pagar bagian timur roboh. Meski sudah disampaikan ke pelaksana, tetapi sampai sekarang tidak ada perbaikan sampai sekarang.(WN)