Galakkan Perpustakaan Keliling Untuk Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal terus berupaya melakukan terobosan baru dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. Selain melakukan perbaikan pelayanan dan sarana prasarana di perpustakaan, kini juga menggalakkan perpustakaan keliling dengan menggunakan mobil khusus.



Menurut Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Hervianto GWP, kemarin, jumlah pengunjung Perpustakaan Umum Daerah Mr Besar Martokoesoemo sepanjang tahun 2016 sebanyak 16.998 orang. Apabila dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah tersebut mengalami lonjakan cukup signifikan. "Dari jumlah pengunjung sebanyak 16.998 orang, 4.795 orang diantaranya merupakan yang memiliki kartu anggota Perpusda dengan jenis keanggotaan masyarakat umum, mahasiswa dan pelajar. Sedangkan, 12.203 orang lainnya belum memiliki kartu anggota Perpusda," katanya.

Dia mengemukakan, Perpusda Mr Besar Martokoesoemo memiliki koleksi buku mencapai sekitar 31.178 eksemplar berbahasa Indonesia dan Inggris. Selain buku, Perpusda juga memiliki ruang audio visual untuk pemutaran film dan dongeng serta mempunyai koleksi kepustakaan dalam format CD ROM dan diorama," katanya.

Hervi menegaskan, untuk meningkatkan minat baca masyarakat Perpusda juga memiliki empat unit armada yang berfungsi sebagai perpustakaan keliling. Mobil tersebut setiap hari keliling ke 27 kelurahan. Sebelumnya, Perpusda Mr Besar Martokoesoemo dalam rangka bisa terakreditasi secara nasional juga menggelar sejumlah kegiatan. Antara lain, lomba dan event Tegal Pustakavaganza.(WN)