Retribusi Sampah Diatur Dalam Perda

By: nno
Kamis, 10-01-2019 21:41 wib
20
Share:

Tegal - Terkait penarikan retribusi sampah rumah tangga ke masyarakat Kota Tegal, telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Tegal, Jawa Tengah Nomor 1 Tahun 2012 tentang retribusi jasa umum dan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 31Tahun 2012 tentang petunjuk pelaksana Perda Kota Tegal Nomor 1 Tahun 2012 tentang retribusi jasa umum sebagaimana diubah dengan Perwal Kota Tegal Nomor 16 Tahun 2017 tentang perubahan atas Perda Kota Tegal Nomor 31Tahun 2012. Dimana dalam ketentuan tersebut diatur bahwa objek retribusi sampah rumah tangga merupakan pelayanan persampahan/kebersihan dari TPS ke TPA. Sedangkan dari sumber/rumah tangga ke TPS merupakan kewajiban masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Walikota Tegal, HM Nursholeh saat acara Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal dengan acara jawaban Walikota Tegal atas Pandangan Umum (PU) Fraksi Fraksi DPRD Kota Tegal atas tiga (3) Raperda Kota Tegal, Kamis (10/1/2019).

Rapat Paripurna sebelumnya pada Pandangan Umum Fraksi Fraksi. Fraksi Pantura yang dibacakan oleh Ely Rosana mempertanyakan terkait telah beredarnya pemberitahuan kepada masyarakat melalui RW dan RT bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, akan menarik retribusi sampah rumah tangga sebesar Rp 2.000 ditiap rumah atau Kartu Keluarga (KK) se Kota Tegal.

"Munculnya pemberitahuan tersebut sebagian masyarakat mempertanyakan tentang pengelolaan apa saja yang akan dilakukan Pemkot Tegal atas retribusi tersebut. Fraksi Pantura berharap Raperda pengelolaan sampah Pemkot bisa menjelaskan atas perihal pertanyaan dan menyikapi respon masyarakat atas rencana retribusi sampah," kata Ely Rosana.

Fraksi PKB dalam Pandangan Umum melalui juru biacara Hj Efi If'anna berharap kepada Pemkot Tegal, agar dalam penanganan biaya pungutan sampah tidak membebani masyarakat, sebab selama ini untuk penanganan warga sudah membayar iuran di lingkungan masing masing.

Dalam PU Fraksi Fraksi, enam Fraksi yang ada di DPRD Kota Tegal menyetujui 3 Raperda yang selanjutnya untuk dibahas oleh alat kelengkapan DPRD Kota Tegal.-(sut)


Aspirasi Warga