Komisi I DPRD Peringatkan Pemakaian Dana Kelurahan

By: nno
Rabu, 09-01-2019 22:39 wib
21
Share:

Tegal - Komisi I DPRD Kota Tegal, Jawa Tengah, memperingatkan kepada seluruh Camat dan Lurah se Kota Tegal dalam menggunakan dana kelurahan yang akan segera turun sebesar Rp 9.529.407.000 untuk 27 Kelurahan.

"Kami ingatkan agar dana kelurahan dipergunakan dengan hati hati dan bisa dipertanggungjawabkan sesuai peruntukannya dan sesuai aturan yang ada."

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Tegal, Heri Budiman saat rapat kerja dengan empat Camat dan seluruh Kepala Kelurahan se Kota Tegal membahas dana kelurahan di ruang Komisi I DPRD Kota Tegal, Rabu (9/1/2019).

Penerima dana kelurahan dengan jumlah tidak sama. Dari 27 Kelurahan penerima dana terbanyak adalah Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur sebesar Rp 488.341.000 dan penerima dana terkecil Kelurahan Keturen, Kecamatan Tegal Selatan sebesar Rp 297.842.000.

Dana kelurahan yang akan turun digunakan sebanyak 70 persen untuk pembangunan fisik dan 30 persen untuk non fisik.

Sekretaris Bapeda Kota Tegal, Kelik Haryono menyampaikan, dalam dana Kelurahan, pihak Kecamatan yang menyusun rencana kerja dan anggaran atas usulan lurah selaku kuasa pengguna anggaran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.

Camat Tegal Selatan, Budi Saptaji mengusulkan sebaiknya untuk pembangunan melibatkan masyarakat sekitar dan menyesuaikan kebutuhan di wilayah kelurahan masing masing.

Camat Tegal Timur, Zaenal Ali Mukti menambahkan, Lurah harus siap menerima dana tersebut namun butuh waktu untuk mempelajari karena pihak Kecamatan menerima materi baru hari ini dan langsung pembahasan dengan DPRD.

Sementara Plt Camat Margadana, Agus Santoso mengaku masih kekurangan SDM yang ada di beberapa Kelurahan, seperti Kantor Kelurahan Pesurungan Lor yang hanya ada 3 staf.

Hadir Sekrtaris Bapeda Kota Tegal, Kelik Haryono, Bakeuda Siswoyo, Tapem merangkap Plt Camat Tegal Barat Ilham Prasetyo, Camat Tegal Selatan, Budi Saptaji, Camat Tegal Timur Zaenal, Plt Camat Margadana Agus Santoso dan Lurah se Kota Tegal.-(sut)


Aspirasi Warga