Jokowi Resmikan Jalan Tol Brebes Timur - Gandulan Pemalang.

By: nno
Jumat, 09-11-2018 17:52 wib
22
Share:

Tegal - Presiden Ri Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Brebes Timur-Gandulan Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018).

Jalan tol tersebut merupakan ruas tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 (Brebes Timur-Tegal) dan 4 (Tegal-Pemalang) sepanjang 37,5 kilometer dari Brebes Timur-Pemalang dibangun oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR) anak perusahaan PT Waskita Toll Road (WTR) .

Presiden juga meresmikan sebagian ruas tol Pemalang-Batang sepanjang 5,7 kilometer segmen Sewaka Pemalang-Simpang Susun (interchange) Pemalang, yang dikelola oleh PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR). Seluruh seksi ruas tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 kilometer.

Ruas Pejagan-Pemalang Seksi 1 (Pejagan-Brebes Barat) dan 2 (Brebes Barat-Brebes Timur) sepanjang beelumnya telah beroperasi sejak Juni 2016 dan rencana peresmian yang dilakukan Presiden sempat mundur beberapa kali. Sehingga, pihak tol harus menjadwal ulang. Sedangkan tol ruas tersebut sudah rampung tiga bulan lalu.

Untuk tarif yang ditetapkan yakni Rp 1.000 per kilometer untuk golongan I, Rp 1.500 per kilometer untuk golongan 2 dan 3, dan Rpn2.000 untuk golongan 4 dan 5.

Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan, dalam kurun waktu 4 tahun satu demi satu koneksifitas di negara kita Imdonesia semakin terwujud. Konekfisitas antar pulau, konekfisitas antar propinsi dan konekfisitas antar kabupaten kota baik berupa pelabuhan, jalan, bandara sudah semakin terintegrasi.

Daerah demi daerah wilayah demi wilayah dan pulaj demi pulau mulai terhubung. Hasilnya munculnya pertumbuhan ekonomi baru diseluruh tanah air sehingga diharapkan keadaan sosial, pemerataan akan semakin nyata.

Distribusi jalan dan jasa juga semakin lancar. Di Pulau jawa dari 870 km jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi diselesaikan 640 km. Sebentar lagi akan menyambung jalan tol dari Merak ke Surabaya pada minggu kedus bulan Desember 2018.

Tinggal menyelesaikan dari Probolinggo ke Banyuwangi yang akan selesai di akhir Tahun 2019 mendatang. Itu kerja kerja yang dilakukan oleh Kementrian BUMN dan PUPR dalam membangun infrastruktur khususnya jalan tol. Diharapkan, nantinya bisa mempercepat distribusi barang dan jasa yang semakin lancar.-(sut)


Aspirasi Warga