Karaoke Queen Tandatangani Surat Pernyataan

By: nno
Senin, 05-11-2018 22:08 wib
31
Share:

Tegal - Pemilik tempat hiburan Karaoke Queen yang berlokasi di Komplek Nirmala Square Kota Tegal, Edi Suswantoro telah menandatangani surat pernyataan kesanggupan menutup usaha karaoke tak berijin secara mandiri.

Surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani secara langsung oleh pemilik tempat usaha hiburan karaoke tak berijin atas nama Edi Suswantoro pada Rabu (31/10) lalu.

Kabid Penegakkan Perundang-undangan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal, Heri Kurniawan Senin 5/11/2018) mengatakan, penutupan tempat karaoke tidak berijin di Kompleks Nirmala Square tinggal menunggu eksekusi dari pihak pemilik usaha. "Komitmen tersebut, tertuang dalam surat pernyataan bermaterai," kata Heri.

Heri menambahkan, tindakan persuasif tersebut dilakukan menindaklanjuti perintah Wali Kota Tegal dalam menertibkan karaoke bodong. Sebab, untuk melaksanakan tugas penindakan pelanggaran Peraturan Daerah maupun Peraturan Kepala Daerah wajib dilakukan sesuai prosedur yang menjadi protap.

Tujuannya, menghindari gugatan baik perdata maupun tindakan represif sebagai prinsip dasar saat penindakan dalam menjalankan tugas.

"Yang jelas, karaoke tidak berijin tersebut masih dalam pengawasan kami. Jika membandel langsung kami tertibkan," tegas Heri.

Menurut Heri, terkait langkah penindakan sesuai mekanisme, pihaknya akan melayangkan surat teguran sekaligus peringatan sebanyak tiga kali kepada pemilik jika belum menutup operasional secara mandiri.

Hal itu, dilakukan agar penertiban semua bentuk pelanggaran dan ketertiban umum bisa lebih persuasif sekaligus menghindari konflik yang tidak diharapkan.

Kepala Satpol PP Kota Tegal, Djoko Syukur Baharudin menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan pemilik tempat karaoke, DPMPTSP yang diwakili Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, Denny Anggoro, dan Kabid Pariwisata Dinporapar Abdan Harimurti.

Menurutnya, setelah menandatangani surat pernyataan kesanggupan menutup usaha karaoke tak berijin secara mandiri pemilik juga siap ditertibkan jika masih nekat beroperasi. "Mengacu Permendagri 54/2011 tentang SOP Satpol PP, kami masih menunggu itikad baik dari pemilik karaoke tidak berijin untuk tutup secara mandiri," tutur Joko.-(sut)


Aspirasi Warga