Jalingkut Perlu Disiapkan untuk Jalur Alternatif

By: adm
Senin, 18-12-2017 08:30 wib
2

Komisi III DPRD Kota Tegal meminta kepada Pemkot dan jajaran Polres Tegal Kota untuk melakukan antisipasi kemacetan menjelang perayaan libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Hal itu perlu dilakukan mengingat pada tahun-tahun sebelumnya sering terjadi peningkatan kepadatan kendaraan di jalur pantura. Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD, Sutari, kemarin.



"Arus kendaraan diperkirakan terjadi lonjakan cukup signifikan karena libur panjang, sehingga perlu dilakukan upaya antisipasi untuk mencegah terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Sutari mengemukakan, selain itu, seluruh pihak terkait perlu ada koordinasi untuk mempersiapkan jalur alternatif. Oleh karena itu, keberadaan jalan lingkar utara (jalingkut) harus dipersiapkan sebagai jalur alternatif untuk pengalihan arus kendaraan apabila di jalur pantura padat merayap. "Meski kondisi jalingkut sudah layak untuk dilewati, namun masih perlu adanya penambahan sarana prasarana untuk mencegah terjadinya kecelakaan," katanya.

Dia mengatakan, sarana yang perlu ditambah antara lain, rambu-rambu penunjuk arah, garis marka jalan dan pemasangan trafic light di pertigaan Jalan Mataram dan perempatan depan KUD Karya Mina. Sebab, selama ini di lokasi tersebut rawan terjadi kecelakaan. 'Saat ini, sudah ada sejumlah titik lampu penerangan di jalingkut, meskipun demikian perlu adanya penambahan lampu di sejumlah titik, sehingga jalingkut diharapkan aman dan nyaman dilalui para pengguna jalan,' tegasnya.(WN)


Aspirasi Warga