IPB dan Walhi Uji Petik Cantrang Nelayan Tegal

By: adm
Kamis, 23-11-2017 15:22 wib
57
Share:

Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) melakukan uji petik di perairan Kota Tegal. Uji petik dilakukan untuk mengakomodir para nelayan terkait pelarangan alat tangkap iken berupa cantrang oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan.

 

Tim yang berjumlah 11 orang melakukan uji petik dengan menggelar jaring cantrang di tengah laut. Uji diperkirakan akan dilakukan selama dua hari.

Bendahara Himpunan Nelayan seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, Riswanto membenarkan adanya kegiatan uji petik. Menurutnya, saat melakukan uji di tengah laut, tim menggunakan tiga kapal milik nelayan Kota Tegal.

Menurut Riswanto tim terdiri dari Walhi dan IPB yang dipimpin Emmy Hafid yang juga merupakan Ketua Bidang Pertanian dan Maritim DPP Partai Nasdem. Rencananya kegiatan dilaksanakan sejak 21 sampai 28 Nopember 2017.

Adapun daerah pelaksanaan yang menjadi tujuan tim uji petik dimulai dari Indramayu, Tegal, Rembang, Juwana, serta Lamongan.

”Selain dari IPB, tim uji petik juga mengundang KKP untuk ikut bergabung tetapi  tidak bersedia mengikutinya,” tutur Riswanto

”Dengan uji petik itu maka akan dapat kita buktikan bersama apakah alat tangkap cantrang itu merusak lingkungan atau justru ramah, uji petik sangat diperlukan. Sebab, selama ini KKP mengklaim alat tangkap cantrang dianggap tidak ramah lingkungan, pungkas Riswanto.-(NM)


Aspirasi Warga