DPRD Tetapkan Perda Adminduk dan Protokoler

By: nno
Senin, 09-07-2018 15:48 wib
13
Share:

DPRD Kota Tegal menetapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk) serta Perda Kedudukan Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tegal, Senin (9/7). Hal itu terungkap dalam Rapat Paripurna DPRD yang dipimpin Ketua DPRD, Edy Suripno didampingi Wakil Ketua, Anshori Faqih dan Wasmad Edi Susilo serta Plt Wali Kota Tegal, Nursholeh. Dalam kesempatan itu, faksi-fraksi DPRD menyampaikan dukungan penuh terhadap pengesahan kedua Perda tersebut. Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Wiwik Mastuti menyampaikan, pihaknya berharapk adanya perubahan signifikan terkait pemberlakuan Perda Penyelenggaraan Adminduk yang mengacu pada UU 24/2013 tentang Perubahan Atas UU 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan. Dengan demikian, hasil dari perubahan tersebut secara otomatis Perda 5/2010 sudah harus direvisi dan ditetapkan dengan Perda yang baru disahkan. "Untuk Pengesahan Perda Protokoler, mengacu pada UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah dan UU 9/2010 tentang Keprotokolan yang menjadi bentuk penghormatan terhadap kedudukan pimpinan dan anggota DPRD, sehingga ada kepastikan terkait hak dan kewajibannya (pimpinan dan anggota DPRD) untuk dilaksanakan bersama-sama dalam meningkatkan peran dan fungsi lembaga legislatif," tegasnya. Ketua Fraksi Demokrat Bersatu, Hendria Priatmana menambahkan, dengan disahkannya Revisi Raperda 5/2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan menjadi Perda diharapkan bisa memberikan kepastian terhadap data base kependudukan. Bahkan, penunggalan data dalam E-KTP yang diberlakukan seumur hidup mempermudah pengawasan dan pengendalian atas pelayanan pada fungsi pemerintah dan lainnya. Termasuk, kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) yang menjadi pilot project. "Pelayanan Administrasi Kependudukan akan menjadi patokan dalam pengumpulan data base baik kepemilikan KIA maupun E-KTP," tandasnya.(wn)


Aspirasi Warga