Sarana Prasarana Pasar Mulai Diperbaiki

By: adm
Rabu, 11-05-2016 09:55 wib
22
Share:

Pemkot Tegal mulai melakukan pembenahan fisik terhadap sarana dan prasarana di sejumlah pasar tradisional. Selain itu, juga melakukan pemantauan serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan harga maupun penimbunan sembako.


Demikian disampaikan Plt Kepala Disperindagkop dan UMKM, Soeripto, kemarin. Menurut dia, perbaikan fisik yang mulai dilaksanakan yaitu perbaikan jembatan penghubung yang rusak di Pasar Pagi Kota Tegal. Untuk kegiatan tersebut dianggarkan sekitar Rp 200 juta."Diharapkan perbaikan bisa selesai sebelum puasa, sehingga bisa digunakan oleh masyarakat," katanya.

Dia mengemukakan, pihaknya juga melakukan penataan dan penertiban terhadap los maupun kios para pedagang. Yakni dengan membuat surat edaran kepada para pedagang agar tidak menaruh barang dagangannya di tepi jalan. Sebab, hal itu akan menganggu aktivitas jual beli.

Sementara itu, untuk mengantisipasi maraknya pencurian dan pencopetan sejumlah 27 petugas keamanan disiagakan. Mereka ditugaskan ke sejumlah pasar tradisional yang dinilai rawan. "Sejak adanya penambahan petugas keamanan, kejadian pencopetan di Pasar Pagi sekarang jarang terjadi," katanya.

Soeripto menambahkan, pihaknya juga rutin melakukan pemantauan dan pembinaan para pedagang. Selain itu, melakukan upaya pencegahan terjadinya lonjakan harga karena tindakan penimbunan sembako. "Kami juga memantau agar stok sembako di pasaran tetap bisa terpenuhi," tandasnya. (WN)


Aspirasi Warga