HUT Kota Tegal Ke-436, Khotmil Quran Jadi Agenda Wajib

By: adm
Jumat, 08-04-2016 08:09 wib
17
Share:

Jumat 8 April 2016

Kegiatan Khotmil Qur’an ditetapkan sebagai agenda wajib yang harus dilaksanakan dalam setiap hari jadi Kota Tegal. Karena Al Quran berisikan kalam-kalam ilahi yang akan menuntun umat manusia hingga akhir zaman. Begitupun dengan hadits, yang merupakan himpunan pernyataan rasul dan kesaksian atas suri tauladan rasul.

“Berangkat dari kesadaran akan pentingnya menjaga nilai-nilai yang terkandung di dalam Al Quran, saya merasa berkepentingan untuk menjadikan kegiatan Khotmil Quran sebagai agenda wajib, yang menjadi salah satu mata acara dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Tegal,” kata Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno, saat memberikan sambutan Khotmil Quran khusus bapak-bapak dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-436 Kota Tegal, Jumat (08/04) malam.

Pada siang harinya telah dilaksanakan Khotmil Quran khusus untuk ibu-ibu yang dihadiri oleh majelis taklim se-Kota Tegal. Dalam kesempatan itu, Walikota, Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH, MH, Asisten I Drs. Imam Badarudin, Asisten II herlien Tedjo Oetami, SH, Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal dan jamaah Khotmil Quran bersaam-sama mengamini doa Khotmil Quran yang dipimpin oleh Ust. KH. Saefuddin Zuhri Madrais.

“Setidaknya ada beberapa alasan kenapa saya menganggap penting acara Khotmil Quran dalam moment Hari Jadi Kota Tegal ini,” tutur Walikota. Dengan dilaksanakan Khotmil Quran, Walikota mengharapkan semoga dengan lantunan ayat-ayat suci Al Quran ini gemanya mampu menggetarkan arasy, sehingga Allah SWT kian menyayangi masyarakat Kota Tegal, dan tak pernah berhenti melimpahkan keberkahan bagi Kota Tegal.

“Sebagaimana kita fahami bersama bahwa rasulullah diutus kepada umatnya dengan dibekali Al Quran sebagai petunjuk dan pedoman. Tidak hanya petunjuk dalam penyelenggaraan ibadah, tetapi juga sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan,” sebut Walikota.

Secara terpisah, anggota DPRD Kota Tegal, Untung Purwadi mengatakan sangat apresiatif terhadap panitia HUT Kota Tegal yang memasukan Khotmil Qur’an menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian hari jadi Kota. Menurut Untung, kegiatan Khotmil Qur’an itu menjadi salah satu bukti bahwa masyarakat Kota Tegal adalah masyarakat agamis yang mempunyai kecenderungan menyandarkan diri kepada nilai-nilai religious.

“Kami sangat sepakat dengan Pemkot Tegal yang menetapkan Khotmil Qur’an menjadi agenda wajib di dalam setiap hari jadi Kota Tegal,” tegas Untung.

 

 

 


Aspirasi Warga