Kuota Bangku Sekolah Ditambah 10 Persen

By: adm
Minggu, 28-05-2017 09:00 wib
1

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal pada tahun ajaran 2017/2018 akan menambah kuota bangku sekolah sebanyak 10 persen. Yakni, diperuntukkan bagi siswa kurang mampu dan berdomisili di lingkungan sekolah terdekat. Hal itu diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwalkot) Nomor 7/2017 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2017/2018 yang sudah diedarkan ke seluruh sekolah.



Menurut Kepala Disdikbud, Johardi, dalam pelaksanaan PPDB tahun 2017 ada perubahan kebijakan dengan penambahan kuota bangku sekolah sebanyak 5 persen bagi murid kurang mampu di sekitar sekolah tujuan dan tambahan kuota lima persen bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan sekolah terdekat untuk mendapat prioritas saat mendaftar sekolah sesuai dengan ketentuan dan persyaratan dalam Perwal tentang PPDB. "Penambahan bertujuan untuk memberikan prioritas dan penyetaraan mutu pendidikan," katanya.

Dia mengemukakan, selama ini untuk teknis dan mekanisme PPDB di sekolah favorit dan menjadi incaran sebagian besar masyarakat cenderung menimbulkan ketimpangan jumlah rombongan belajar di sekolah yang kurang diminati. Oleh karena itu, melalui pemberlakuan ketentuan penambahan kuota tersebut diharapkan dapat mewujudkan kesetaraan mutu dan kualitas pendidikan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas), M Mashar menambahkan, terkait jadwal pelaksanaan PPDB tahun 2017 sesuai Kalender Pendidikan terbagi menjadi dua. Diantaranya, tanggal 3, 4, dan 5 Juli mendatang untuk sekolah TK, SD/MI, SMP/MTS negeri. Sedangkan, untuk sekolah swasta mulai tanggal 1, 3, 4, 5, dan 6 Juli mendatang. "Untuk hasil pengumuman, disampaikan pada 6-7 Juli dan daftar ulang sesuai jadwal dalam PPDB online," katanya.(WN)


Aspirasi Warga