Perajin Batik Tegal Perlu Perhatian Serius dari Pemerintah

By: adm
Selasa, 18-04-2017 08:03 wib
2

Perajin batik tegal yang tersebar di sejumlah kelurahan di Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Hal itu dimaksudkan agar usaha tradisional yang digeluti oleh masyarakat tersebut terus berkembang dan bisa bersaing dengan daerah lain.

Menurut Sekretaris Komisi II DPRD, Hendria Priatmana, Pemkot perlu memberikan perhatian serius terhadap para perajin batik. Antara lain, dengan memberikan pembinaan, pendampingan serta membantu pemasaran ke luar daerah. Dengan upaya tersebut diharapkan Batik Tegal bisa semakin dikenal dan maju. "Potensi batik di Kota Tegal ada batik tulis, batik cap dan dan batik kombinasi. Sentra industri batik antara lain, di Kelurahan Bandung, Tunon, Keturen dan Debong Tengah Kecamatan Tegal Selatan," katanya.

Dia mengemukakan, jumlah pembatik di Kota Tegal mencapai sekitar 130 orang. Mereka selama ini juga sering mengeluhkan tentang mahalnya bahan baku serta pemasaran. Selain itu, sebagian besar dari mereka kesulitan masalah permodalan untuk pengembangan usaha. Oleh karena itu, Pemkot Tegal maupun Pemerintah Pusat perlu memberikan bantuan stimulan serta menyediakan galeri batik untuk memajang hasil karya dari pembatik, sehingga para pembeli dari luar daerah bisa langsung ke galeri batik.(WN)


Aspirasi Warga