Sambutan Paripurna DPRD Meggunakan Bahasa Tegal

By: adm
Selasa, 11-04-2017 16:26 wib
176
Share:

Sambutan Ketua DPRD Kota Tegal, H Edy Suripno SH MH pada Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal, Selasa (11/04/2017) dalam rangka menyambut Hari Ulan Tahun (HUT) Kota Tegal yang ke 437 Tahun, tidak seperti biasanya, kali ini sambutannya menggunakan bahasa Tegal. Hal tersebut menyesuaikan dengan tema yang diusung tahun ini juga menggunakan bahasa Tegal yakni ”Hayuh Mbangun Bareng Aja Nganti Mandeg,” tutur Edy Suripno, usai Rapat Paripurna.

 

Kedepan tahun yang akan datang, diharapkan seluruh rangkaian mulai dari potokol sampai dengan pelaksanaan Rapat Paripurna  DPRD dalam memperingati HUT Kota Tegal menggunakan bahasa Tegal.  Tujuannya adalah ingin membudayakan bahasa Tegal dan juga ingin mengangkat filosofi dan falsafat Kota Tegal.

Falsafah terkait tentang banteng loreng binoncengan, yang diibaratkan sebagai rakyat yang gagah berani, kuat dan pantang meyerah. Banteng loreng di ibaratkan sebagai sifat angkara murka yang menindas dan menyengsarakan rakyat. Bocah angon diibaratkan pemimpin yang memiliki sifat lembut, ngayomi dan mengerti akan kehendak rakyat.

Karena itu, cerita banteng loreng binoncengan menegaskan, didalam menjadi pemimpin harus memiliki sifat seperti bocah angon lemah lembut. Begitu juga dengan rakyat harus mempunyai sifat seperti banteng sehingga hubungan antara bocah angon sama banteng bisa seirama, satu jalan, sengkuyung, gotong royong dan saling bantu untuk menghadapi keangkaramurkaan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPRD Kota Tegal menyampaikan, terkait pentingnya membangun kemadirian ditandai adanya kemampuan Kota Tegal, untuk menggerakan dan menghidupi daerahnya sendiri tidak bergantung kepada orang luar. Kedaulatan Kota Tegal, yang ditandai pleh kesadaran rasa memiliki untuk menjaga Kota Tegal, dari pengaruh luar yang merusak tatanan Kota Tegal.

Membangun kepribadian ditandai dengan cirri dan watak serta budaya orang Tegal apa adanya, jujur dan pemberani untuk melawan keangkaramurkaan,-(NM)


Aspirasi Warga