Jalan Rambutan Raya Rusak Parah

By: adm
Rabu, 18-01-2017 10:03 wib
46
Share:

Kondisi Jalan Rambutan Raya di Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal sangat memprihatinkan. Sebab, sebagian ruas jalan tersebut mengalami kerusakan cukup parah, sehingga menghambat aktivitas masyarakat. Hal itu terjadi karena setiap hujan lebat turun jalan tersebut sering menjadi langanan banjir.



Dari pantauan, salah satu penyebab genangan air tersebut karena saluran drainase yang berada di kiri dan kanan jalan tidak berfungsi secara maksimal, sehingga, ketika terjadi hujan lebat aliran air melimpas ke badan jalan dan menggenangi ruas jalan. Bentuk permukaan tanah yang tidak rata juga menjadi penyebab adanya kubangan air di tengah jalan. Lama-kelamaan, aspal jalan terkikis dan keropos. Kondisi ini sudah lama terjadi dan mengganggu pengguna jalan.

"Rusaknya sudah lama sekali. Disini kalau hujan sedikit saja sudah banjir dan airnya menggenang dengan kedalaman mencapai 40 sentimeter," ujar Dart0 (54) warga sekitar lokasi, Rabu (18/1).

Menurut dia, jalan tersebut selalu menjadi langganan banjir setiap tahun saat terjadi musim penghujan. Akibat jalan rusak dan digenangi banjir banyak pengendara sepeda motor terjatuh. Oleh karena itu, warga berharap ada upaya perbaikan dari pemerintah. "Mudah-mudahan di sini segera diperbaiki. Biar lokasi kami tak kebanjiran terus," katanya.

Hal serupa juga disampaikan warga lainnya, Yanto (50). Dia mengemukakan, warga berharap dalam upaya perbaikan tidak hanya dilakukan pengapalan. Namun, juga ditinggikan sekitar 40 sentimeter, sehingga jalan tidak lagi tergenang. Selain itu, saluran drainase juga diminta untuk dinormalisasi agar air bisa mengalir lancar.

Sementara itu, salah seorang pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Supriyanto mengatakan, upaya penanganan darurat kini sedang dilaksanakan. Yakni dengan cara menguruk ruas jalan yang kondisinya rusak. Perbaikan diperkirakan selesai dalam satu hari.(WN)


Aspirasi Warga