Arpusda Usulkan Kegiatan Berbasis Cerita Rakyat

By: adm
Senin, 28-11-2016 08:55 wib
13
Share:

Kantor Arsip dan Perpustakaan (Arpusda) Kota Tegal mengusulkan sejumlah program gagasan baru untuk peningkatan minat baca dan minat menulis bagi masyarakat di tahun 2017. Antara lain, menggelar jambore perpustakaan, membuat buku cerita rakyat berbasis kelurahan dan penambahan koleksi buku. Hal itu terungkap dalam rapat kerja pembahasan anggaran antara Komisi I DPRD dengan Kantor Arpusda, Senin (28/11).



Menurut Sekretaris Komisi I DPRD, Rachmat Raharjo, untuk kegiatan tersebut diusulkan anggaran dalam APBD tahun 2017 sekitar Rp 469 juta. Sesuai rencana untuk buku cerita rakyat akan diluncurkan pada saat peringatan HUT Kota Tegal. "Kami mendukung terhadap terobosan baru yang disampaikan. Sebab, dalam rangkaian kegiatan juga ada ceramah dialog dan mengundang tokoh-tokoh budayawan, sejarahwan dalam menggali budaya Kota Tegal," tegasnya.

Dia mengemukakan, selain program tersebut juga diusulkan untuk program penambahan koleksi buku sekitar Rp 200 juta. Yakni, diperutukan bagi buku yang memiliki rating tinggi. Saat ini, koleksi buku yang ada di Arpusda mencapai sekitar 6.000 ekseplar. "Kami juga meminta agar perlu dilakukan rintisan sistem buku digital, sehingga tidak terikat dengan jumlah, tapi didapatkan dengan cara men-download aplikasi," katanya.

Rachmat menambahkan, selama ini minat baca masyarakat di Kota Tegal masih rendah. Karena itu, pihaknya juga mendukung adanya rencana penambahan jam pelayanan, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu tetap buka untuk melayani masyarakat. Sebab, untuk pembaca masih didominasi pelajar dan mahasiswa. Sedangkan untuk masyarakat umum masih terlalu sedikit. (WN)


Aspirasi Warga