Kota Tegal Terancam Jadi Lautan Sampah

By: adm
Rabu, 23-11-2016 10:13 wib
29
Share:

Pemkot Tegal harus segera melakukan upaya serius terhadap persoalan penumpukan sampah. Sebab, apabila hal itu dibiarkan dan tidak segera ditangani maka wilayah Kota Tegal terancam jadi lautan sampah. Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPRD, Sutari, baru-baru ini.



Menurut dia, sejak masa sewa lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Jalan Mataram, Kelurahan Muarareja, Tegal Barat habis pada Oktober 2015, seharusnya Pemkot Tegal mulai menyiapkan lahan untuk TPA sampah terpadu. Dengan demikian, persoalan penumpukan sampah tidak terjadi seperti saat ini. "Produksi sampah setiap hari di Kota Tegal mencapai rata-rata sekitar 600 meterkubik/hari. Untuk mengurangi tumpukan sampah Pemkot pernah berupaya mengatasi dengan membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dan isenerator, namun dalam kenyataannya tidak bisa berfungsi maksimal, katanya.

Dia menegaskan, dari hasil tinjauan lapangan, sejak tidak memiliki TPA, pembuangan sampah dilakukan di sebelah Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Persampahan. Namun, karena keterbatasan luas lahan akhirnya meluber. Kondisi tersebut menimbulkan persoalan baru, yaitu terjadinya pencemaran lingkungan dan berdampak pada kawasan industri di Jalan Mataram. (WN)


Aspirasi Warga