Waspadai Hujan Petir dan Angin Kencang Di Pantura

By: adm
Selasa, 15-12-2015 07:39 wib
12
Share:

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Tegal memberikan peringatan dini akan potensi hujan lebat disertai petir di wilayah pantura, Rabu (16/12).

Menurut prakirawan Stasiun Meteorologi Tegal, Laylya Isnaini, kemarin, untuk ganguan tropis masih nihil. Sedangkan, prospek cuaca sebagian wilayah pantura saat ini telah memasuki musim hujan. Karena itu, perlu diwaspadai hujan deras disertai kilat / petir. "Kondisi cuaca di sebagian besar wilayah pantura diprakirakan hujan ringan - sedang," katanya.

Dia mengemukakan, kondisi angin diperkirakan bertiup dari arah barat - barat laut dengan kecepatan 5 30 km/jam. Sedangkan, tinggi gelombang di Laut Jawa berkisar antara 0,5 2,0 meter. Secara umum, hujan berpotensi terjadi di Tegal, Pekalongan, Brebes, Slawi, Tegal, Pemalang, Batang dan Pekalongan. Suhu udara di wilayah tersebut berkisar 23-32 celcius dan tingkat kelembaban 63%-97%.

Terkait masalah cuaca, sejumlah perajin ikan asin di Kota Tegal mulai mengeluh akan kesulitan produksi akibat terkendala cuaca dan bahan baku. Sebab, apabila hujan terjadi hampir setiap hari membuat proses pengeringan sulit dilaksanakan, sehingga tidak sedikit ikan yang membusuk.(WN)


Aspirasi Warga