Pendapatan Retribusi di Diskimtaru Ditarget Naik Rp 300 Juta

By: adm
Jumat, 20-11-2015 08:04 wib
28
Share:

Target pendapatan retribusi yang ditangani Dinas Permukiman dan Tata Ruang (Diskimtaru) pada tahun 2016 mengalami kenaikan sebesar Rp 300 juta. Yakni, antara lain untuk bidang retribusi persampahan dan penggunaan lahan pemakaman. Hal itu terungkap dalam rapat pembahasan antara Komisi III DPRD dengan Diskimtaru, Jumat (20/11).


Menurut Ketua Komisi III DPRD, Sutari, untuk pendapatan retribusi sebelumnya dalam pengajuan dari Diskimtaru hanya sekitar Rp 894,5 juta, sehingga perlu ada kenaikan di tahun 2016. Sedangkan, target tahun lalu hanya Rp 785,5 juta dan sekarang menjadi Rp 1,2 miliar sehingga ada penambahan sebesar Rp 450 juta. "Khusus untuk pendapatan retribusi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cleret dan TPU Hang Tuah dari sebelumnya Rp 30 juta naik menjadi Rp 45 juta," katanya.

Dia menjelaskan, Komisi III DPRD menilai penyampaiaan dari Kepala Diskimtaru , Nur Effendi, khususnya di TPU Cleret tentang jumlah kematian dinilai tidak wajar karena rata-rata hanya 5 orang/bulan. Padahal, diperkirakan bisa mencapai sekitar 20 orang/bulan. Sedangkan, terkait retribusi persampahan, pihaknya meminta kepada Pemkot untuk segera membuat regulasi agar bisa untuk mengetahui potensi retribusi persampahan yang belum ditarik retribusi. (WN)


Aspirasi Warga