Komisi I DPRD Panggil KPU Kota Tegal

By: adm
Kamis, 15-10-2015 10:37 wib
24
Share:

Komisi I DPRD Kota Tegal memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dimintai penjelasan tentang penggunaan dana hibah saat pelaksanaan Pilkada Tahun 2013, Kamis (15/10). Pasalnya, dalam realisasi penggunaan dana hibah diduga ada persoalan.



Ketua Komisi Komisi I DPRD, Hery Budiman dan anggotanya, Sisdiono Ahmad usai menggelar rapat dengan KPU menyampaikan, dari penjelasan dari KPU pihaknya menilai surat pertanggungjawaban (SPJ) hibah Rp 5,4 miliar belum diverifikasi oleh Inspektorat. "Dari dana hibah mencapai Rp 5,4 miliar dikembalikan oleh KPU sekitar 1,8 miliar karena realisasi belanja hibah untuk pelaksanaan Pilkada hanya 80 persen. Selain itu, anggaran untuk Pilkada tahap kedua karena tidak dipakai juga dikembalikan sebesar Rp 2,8 miliar," katanya.

Menurut dia, dari keterangan Sekretariat KPU ternyata laporan tidak dibuat secara bulanan, namun diserahkan secara menyeluruh pada akhir tahun. "Karena belum ada verifikasi kami masih menyangsikan. Apalagi dari 11 kelompok kerja (pokja) yang dibuat KPU, hanya ada tiga surat keputusan (SK) pokja yang dibuat. Padahal dalam pembentukan pokja harus melalui rapat pleno KPU," katanya.

Sisdiono mengemukakan, dalam rapat pemanggilan tersebut terungkap pada September 2013 telah terjadi pergantian Sekretaris KPU. Yakni, dari Akur Sujarwo ke Irkar Yuswan. Padahal, pada waktu itu baru ramai-ramainya proses tahapan pelaksana pilkada.(WN)


Aspirasi Warga