Tiga Sungai Besar Rawan Meluap

By: adm
Senin, 09-02-2015 09:25 wib
44
Share:

Tiga sungai besar yang melintasi Kota Tegal, yaitu Sungai Ketiwon, Kemiri dan Kaligangsa kini terus diwaspadai. Sebab, setiap musim penghujan seperti tahun-tahun sebelumnya sungai tersebut sering meluap, sehingga merendam ratusan rumah warga yang berada di sekitarnya.



Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kota Tegal, Suripto, mengatakan, pihaknya kini terus melakukan pemantauan terhadap debit air ketiga sungai tersebut. Selain itu, pihaknya juga mengimbau warga yang tinggal di sekitarnya untuk selalu waspada. “Apabila sewaktu-waktu terjadi banjir secepatnya melapor, sehingga bisa dilakukan penanganan, termasuk mengevakuasi warga apabila diperlukan,” katanya.

Menurut dia, dari hasil pantauan sementara untuk kondisi tanggul, baik di Kelurahan Slerok dan Panggung masih aman. Dalam upaya antisipasi bencana, khususnya banjir beberapa waktu lalu telah melakukan pelatihan penanganan bencana banjir dengan melibatkan anggota linmas. Diharapkan dengan adanya pelatihan SAR, apabila terjadi banjir besar, mereka bisa melakukan evakuasi dengan cepat terhadap warga.

Suripto mengemukakan, setiap terjadi musim penghujan, sejumlah wilayah di Kota Tegal yang rawan terjadi banjir. Antara lain, Kelurahan Kalinggangsa, Kalinyamat Kulon, Cabawan, Muarareja, Tegalsari, Panggung dan Mintaragen. Oleh karena itu, warga di daerah tersebut harus tetap waspada.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD, Sutari mengatakan, terkait masalah penanganan banjir pihaknya mengimbau kepada masyarakat menggalakan gotong royong serta kerja bakti untuk membersihkan lingkungan termasuk saluran air. “Meski di Kota Tegal tergolong wilayah aman bencana, namun setiap tahun perlu diwaspadai terjadinya banjir dan rob,” katanya.(WN)


Aspirasi Warga